Danrem 081/DSJ Hadiri Silaturahmi Forkopimda dan Para Ketua Perguruan Silat di Ponorogo



penaxpose.com | JAWA TIMUR, Ponorogo 

Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono menghadiri silaturahmi Forkopimda Kabupaten Ponorogo bersama Paguyuban Pencak Silat bertempat di Aula Wengker Mapolres Ponorogo Jl. Bhayangkara No.60 Kec/Kab. Ponorogo, Rabu (8/11/2023).

Kegiatan tersebut dalam rangka Rapat Koordinasi (Rakor) dan silaturahmi membahas penertiban tugu perguruan pencak silat di Kabupaten Ponorogo.

Kapolres Ponorogo AKBP Wimboko mengatakan TNI-Polri bersama Pemerintah Daerah akan terus melakukan langkah untuk menertibkan tugu pencak silat yang berada di fasilitas umum sesuai edaran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jawa Timur waktu lalu. 

"Sampai saat ini di Kabupaten Ponorogo atas kesadaran penuh sudah 22 tugu yang dirobohkan dan alih fungsi, masih ada 302 tugu yang berdiri dilahan Pemerintah dan harus dibongkar,’’ ujarnya.

Bupati Ponorogo H. Sugiri Sancoko menambahkan, akan mempercepat proses penertiban tugu diwilayahnya, bahkan dirinya akan memberikan bantuan khusus kepada setiap tugu yang bersedia ditertibkan untuk diganti menjadi tugu Pancasila. 

"Sebagai upaya menghormati jerih payah saudara, kami akan memberikan anggaran 3 juta rupiah per tugu untuk proses pembangunan menjadi tugu Pancasila,’’ tegasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Danrem menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini semoga bisa membawa Ponorogo menjadi wilayah yang aman kondusif.

Mengenai penertiban tugu, sebelumnya sudah silaturahmi dengan Ketua Pusat Perguruan Silat dan sudah sepakat dengan penertiban tugu tersebut, artinya saudara tinggal mengikuti perintah para pimpinan.

"Mari bekerja bersama dan sama-sama bekerja untuk taat kepada aturan pemerintah yang sudah ditetapkan,’’ kata Danrem.

"Walau berbeda perguruan silat, mari kita ciptakan wilayah Kabupaten Ponorogo ini yang kondusif," tambahnya. 

Untuk menciptakan suasana itu, tidak hanya TNI-Polri bersama Pemerintah Daerah yang bekerja sama. Namun perlu sinergitas dari semua elemen masyarakat dan para perguruan silat di wilayah Ponorogo untuk bersatu dan saling bahu-membahu.

"Ini semua semata-mata bertujuan agar terciptanya Wilayah Ponorogo yang adil, aman, kondusif, dan guyub rukun,’’ tutupnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Dandim 0802/Ponorogo, Bupati Ponorogo, Kapolres Ponorogo, Kasat Pol PP Ponorogo, Kapolsek jajaran Polres Ponorogo, para PJU Polres Ponorogo, Kabid Kewaspadaan Bakesbangpol Kab.Ponorogo, Perwakilan IPSI Kabupaten Ponorogo dan Pengurus Perguruan Silat se-Kabupaten Ponorogo.

 ( Red )

0 Comments

Posting Komentar