Dinsos Kabupaten Bogor Gelar Peningkatan Kemampuan Fasilitator Puskesos SLRT Desa/Kelurahan Se-Kabupaten Bogor Tahun 2023



penaxpose.com | JAWA BARAT, Bogor 

Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Sosial Kabupaten Bogor menggelar Peningkatan Kemampuan Fasilitator Puskesos SLRT Desa/Kelurahan se-Kabupaten Bogor tahun 2023.

Fasilitator yang berada ditingkat desa/kelurahan diharapkan mampu menjalankan fungsinya dalam melayani Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) ditingkat desa/kelurahan.

Dengan peningkatan kemampuan Fasilitator ini diharapkan mampu meningkatkan kinerjanya dalam mendorong pelayanan dan peningkatan kesejahteraan sosial.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kelembagaan, R. Dudi Wigena Santana, S.Si., MM menjelaskan, "Kegiatan ini merupakan peningkatan kemampuan Fasilitator Puskesos Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Bogor untuk meningkatkan pelayanan di bidang sosial."

"Dengan terbentuknya Puskesos di semua desa ini akan mengoptimalkan bagaimana pelayanan, terutama masyarakat di bidang kesejahteraan sosial," jelasnya.

"Kita berharap peran Kepala Desa untuk bisa mendukung Puskesos sehingga bisa bersinergi dalam kegiatan sosial lainnya dan merespon permasalahan sosial terutama masalah kemiskinan," tambahnya.

Dikesempatan yang sama Penggagas berdirinya Forum Fasilitator dan Puskesos SLRT, Muhamad Janwar menjelaskan, "Perlunya pendukung dari dinas-dinas lain, contohnya kita butuh di NIK kita juga perlu Disdukcapil, contoh lainnya BPJS kita juga perlu orang BPJS maupun keperluan dengan Dinas Pendidikan. Karena, yang kita assesment itu kadang-kadang bukan sosial saja, ada beberapa mengenai terkait hal yang disampaikan," paparnya.

Lebih lanjut, pria yang juga disapa Bro Cawang tersebut berharap, ketika kita assesment tindaklanjutnya lebih cepat memangkas segala harus kesini, harus kesini sepertinya birokrasi banget.

"Sehingga keberadaan adanya Fasilitator dan Puskesos utamanya kan untuk memperlancar, kalau bisa pelayanan itu dekat dan mudah, contohnya hanya sebatas desa sampai kecamatan tidak mesti harus ke Dinas", pungkas yang juga Fasilitator SLRT Desa Pasarean. (Rini)

0 Comments

Posting Komentar