Giat Non Fisik TMMD ke-119 Kodim 0725/Sragen Laksanakan Giat Sosialisasi Pertanian dan Peternakan di Desa Karangwaru


Kodim Sragen, penaxpose.com  - Masih dalam rangkaian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Kodim 0725/Sragen dalam program sasaran non fisik kembali bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Sragen yang akan memberikan penyuluhan kepada Warga Desa Karangwaru Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen. Kamis (14/03/24).

Kegiatan ini juga menggandeng Nanik Mulyani, SE., MM., Subsektor Bidang Penyuluhan, beserta Makhmudyah, WSB, SP, Koordinator Penyuluhan Kabupaten Sragen sebagai Narasumber Penyuluhan Pertanian dan Peternakan.

Dalam pertemuan itu Nanik Mulyani, SE., MM., menerangkan tata cara membudidayakan hewan ternak agar lebih maksimal hasilnya. Ia juga mengarahkan proses perencanaan, pemilihan benih/bibit, penyiapan kandang, cara pemberian pakan serta cara perawatan secara benar akan meningkatkan hasil produksi peternak. 

Menurut Nanik Mulyani mengatakan, "Pengetahuan masyarakat peternak terkait dengan pengolahan makanan masih sangat rendah sekali atau belum tepat, itu terkait makanan organik maupun lainnya. Makanan yang tidak sesuai dengan takaran memang tidak dianjurkan, sebab hal itu membuat hasil peternakan tidak dapat maksimal."

Jika dilihat secara data, peternakan merupakan potensi untuk daerah pedesaan yang bisa menggerakkan taraf hidup masyarakat Karangwaru. Tentu dengan adanya penyuluhan seperti ini, masyarakat pedesaan akan paham dan mengerti pentingnya untuk memperhatikan pola makan bagi ternak, sehingga tidak hanya menggunakan cara tradisional yang selama ini sudah dilakukanya, akan tetapi harus lebih kepada pola makan yang sesuai.

Pakor kegiatan non fisik Kapten Inf. Suhardi mengatakan, "Penyuluhan tersebut dilakukan untuk memberikan pengetahaun dan wawasan kepada para warga, khususnya para petani dan peternak sehingga nantinya diharapkan dapat menerapkan ilmu tersebut dirumahnya masing - masing."

Sementara itu, Kepala Desa Karangwaru, Suwarno menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan ini sangat penting bagi masyarakat Desa Karangwaru karena menambah ilmu pengetahuan tentang pertanian dan peternakan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada anggota TNI yang menghadiri kegiatan penyuluhan dalam program TMMD ini. Karena selain pembangunan, kami juga membutuhkan pemberdayaan dalam meningkatkan ekonomi," pungkasnya.

(Agus Kemplu)

0 Comments

Posting Komentar