Ramadhan 1445 Hijriyah, MUI Parungpanjang Gelar Silaturahmi Tarawih Keliling (Siling)


Parungpanjang Bogor, penaxpose.com  - Dalam rangka meningkatkan Ukhuwah Islamiah di bulan suci Ramadhan, MUI Parungpanjang menggelar Giat Silaturahmi Tarawih Keliling (Siling), di Masjid Jami' Al-Ikhlas Puri Harmoni 8, Desa Cibunar, Kecamatan Parungpanjang, Bogor. Kamis, (14/03/24).

Silaturahmi Tarawih Kelililing merupakan salahsatu Program Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Parungpanjanng di bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Untuk pertama kalinya kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Jami' Al-Ikhlas Harmoni 8, Desa Cibunar, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua MUI Parungpanjang, KH. Zaenal Adnan. Turut hadir Camat Parungpanjang Drs. Chaeruka Judhyanto Nugroho, Sekcam Mad Yusro, Kades Sarjono, Kepala KUA, Ketua DKM Sutarno, KH. Izul Ramdani, Ust. Prawira Yudha Santoso Lc, Ketua RW Didi Nurdianto, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta warga jama'ah tarawih Masjid Jami' Al-Ikhlas.

Kegiatan ini disambut baik warga Puri Harmoni melalui Sutarno selaku Ketua DKM Masjid Jami' Al-Ikhlas. Beliau menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih atas terselenggaranya Program Siling untuk yang pertama diwilayahnya.

Hal ini disampaikan usai melaksanakan Shalat Isya dan Shalat Tarawih bersama. "Saya atas nama Pengurus Masjid Jami' Al-Ikhlas mengucapkan terimakasih kepada Ketua MUI Kecamatan Parungpanjang, Bapak Camat, Bapak Kepala Desa Cibunar, Kepala KUA, dan seluruh Tokoh Masyarakat dan Warga Harmoni, atas terselenggaranya kegiatan Siling ini," ucap Sutarno.


Sementara Sarjono selaku Kepala Desa Cibunar pada kesempatannya menghimbau, bagi Warga Harmoni yang sudah menetap menjadi Warga Cibunar, agar segera mengurus administrasi kependudukan, guna mempermudah Pemerintah Desa cibunar dalam setiap penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Camat Parungpanjang, Chairuka Judyanto, "Meneruskan apa yang disampaikan oleh Kepala Desa, ini ada kaitannya dengan tujuan penyelenggaraan administrasi kependudukan antara lain, memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum atas dokumen penduduk untuk setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami penduduk, memberikan perlindungan status hak sipil penduduk,” terang Cahaeruka.

Setelah usai beberapa sambutan sampailah pada acara inti, yaitu tausyiah keagamaan yang disampaikan oleh Ketua MUI, K.H. Zaenal Adnan. Dalam tausyiahnya Almuqarom KH. Zaenal Adnan menasehatkan, agar kita senantiasa bersyukrur atas telah diberikan kesempatan dapat menjalakan ibadah puasa Ramadhan tahun ini.

"Dalam kegiatan Siling ini, saya ingin menyampaikan, bahwa kita harus senantiasa bersyukur masih diberikan kesempatan untuk menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu, mari kita jadikan Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan yang terbaik," ucapnya.

Lebih lanjut KH. Zaenal Adnan menerangkan dua keutamaan bagi orang yang menjalakan ibadah puasa Ramadhan. "Berdasarkan keterangan dan hadits nabi, ada dua keutamaan bagi orang yang berpuasa dibulan Ramdahan. Pertama, orang yang berpuasa akan bahagia pada saat berbuka. Yang kedua, karena puasa itu bentuk ibadah syiriah atau rahasia, maka Allah akan memasukan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan ke dalam syurga tanpa diketahui oleh Penjaga syurga. Dan pada garis besarnya orang itu akan bahagia bertemu dengan Allah," lanjut Zaenal Adnan penuh nasihat.

Para Jama'ah Tarawih Masjid Jami' Al-Ikhlas begitu khidmat mendengarkan tausyiah yang disampaikan oleh Ketua MUI, KH. Zaenal Adnan. Usainya tausyiah keagamaan, usai pulalah acara kegiatan Silaturahmi Tarawih Keliling  dan ditutup dengan do'a.    (Indra)



0 Comments

Posting Komentar