Bangun Karakter Siswa, SDN Grogol 05 Jakarta Barat Gelar Acara Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang Bhinneka Tunggal Ika


Jakarta Barat, penaxpose.com  | SDN Grogol 05 Pagi Jakarta Barat mengadakan acara Gebyar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang berlangsung dengan meriah pada hari kamis 30/5/2024 di halaman sekolah Jl Dr. Semeru VII Grogol Jakarta Barat

Acara ini dihadiri oleh seluruh Siswa, Guru, Komite Sekolah dan Staf Sekolah untuk memperkuat pemahaman siswa tentang Pancasila sebagai Dasar Negara.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila dan memupuk semangat kebangsaan, acara ini merupakan hasil kolaborasi antara Siswa, Guru, Komite Sekolah dan Staf Sekolah.

Gebyar Karya Proyek P5 di SDN Grogol 05 diawali dengan pembukaan, yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, Guru-Guru, dan Komite serta Orangtua Murid yang ingin melihat anaknya tampil diacara tersebut. 

Saat dihubungi Redaksi Kepala Sekolah Rizki, S.Pd., mengatakan, kegiatan P5 SDN Grogol 05 merupakan bagian dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka.

Beliau menambahkan bahwa melalui kegiatan ini, kita berharap dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap diri siswa, seperti gotong royong, kebhinnekaan global, kemandirian, bernalar kritis, dan kreatifitas. Selain itu kegiatan ini juga kami jadikan sebagai wadah untuk menampilkan bakat dan kreativitas siswa-siswi kami dari hasil KBM yang telah mereka jalani selama 1 semester.

"Saya berharap kepada seluruh warga SDN Grogol 05, teruslah memberikan semangat dan motivasi kepada anak-anak kita agar mereka bisa mengembangkan potensinya secara optimal," imbuh Rizki.

Sedangkan Ketua Panitia, Saifudin mengatakan, landasan kita mengadakan kegiatan P5 pada saat ini, yaitu  mengenalkan serta memperkuat nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila kepada siswa/i tentang Bhinneka Tunggal Ika, yaitu sebuah tema yang kita tentukan pada kegiatan ke-5 saat ini, adapun judulnya adalah 'Kolaborasi Dalam Keberagaman'.

Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar ingin memperkenalkan dan juga menguatkan tentang kebhinnekaan yang ada di Indonesia.

"Hasil karya kali ini adalah sebuah puncak atau akhir dari pembelajaran yang kami sampaikan pada kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dan inilah hasil dari kegiatan yang kita adakan di kegiatan P5, mudah-mudahan dengan adanya acara ini peserta didik mampu meningkatkan pemahaman tentang kebhinnekaan yang ada di Indonesia," ungkapnya.

Acara ini menampilkan berbagai karya dan kegiatan yang telah dilakukan oleh siswa dalam rangka penguatan profil pelajar Pancasila dan diisi dengan pertunjukan tarian dan drama yang mengangkat tema 'Kebhinnekaan". Siswa menampilkan kolaborasi yang mengesankan antara berbagai budaya dan suku di Indonesia, sebagai bentuk penghormatan terhadap Bhinneka Tunggal Ika.

Lain halnya Yunita sebagai Ketua Komite Sekolah SDN Grogol 05 mengucapkan, rasa syukur Alhamdulillah acara P5 dapat terlaksana dengan aman, tertib dan teratur.

Dan rasa terima kasih kepada Komite Sekolah, Komite Kelas, Kepala Sekolah, para Guru, Staff Sekolah beserta para Siswa dan Orangtua Murid atas segala kontribusi di Kepanitiaan P5. Semoga segala hal apa yang kita laksanakan dengan baik mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Untuk itu Komite juga menyampaikan untuk dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya jika ada perkataan ataupun perbuatan serta kekurangan dalam melaksanakan acara ini.

Komite berharap dari pelaksanaan kegiatan ini seluruh siswa bisa memahami dan menerapkan nilai pendidikan Pancasila yang telah ditanamkan, sehingga bisa menjadi pelajar dengan profil Pancasila sejati.

(Sufahmi)

0 Comments

Posting Komentar