Jangan Sepelekan Air Tajin. Yuk Kita Simak Manfaatnya !!!


Jakarta, penaxpose.com  | Rabu, 01 Mei 2024

Air tajin adalah cairan putih yang keluar saat nasi mendidih ketika direbus. Pada masa lalu, air tajin diberikan kepada bayi sebagai pengganti susu, walaupun nutrisi yang terkandung tidak selengkap ASI. Namun, vitamin yang terkandung pada air tajin bermanfaat untuk kesehatan, termasuk untuk lambung. 

Kandungan zat dan vitamin pada air tajin sangat beragam manfaatnya untuk kesehatan, salahsatunya untuk mengatasi asam lambung. Berikut penjelasan lengkapnya.

Manfaat Air Tajin Bagi Lambung dan Nutrisi yang Terkandung Didalamnya

Manfaat air tajin untuk lambung berasal dari kandungan probiotik dan mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus. Mineralnya meningkatkan keseimbangan elektrolit tubuh, sehingga tubuh terhindar dari dehidrasi. Kandungan patinya berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik didalam perut, sehingga efektif meningkatkan kesehatan usus. Selain itu, manfaat air tajin yang penting untuk lambung adalah mengatasi GERD (Gastroesophageal reflux disease). GERD adalah kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan terus-menerus, sehingga memicu iritasi dan peradangan di kerongkongan. Ini disebabkan kadar asam lambung berlebihan pada tubuh, sehingga cairan tersebut naik kembali ke kerongkongan. Air tajin dapat mengurangi gejala GERD dengan cara menetralisir kadar asam lambung pada tubuh. 

Air tajin dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menyeimbangkan kadar asam lambung pada tubuh dan mengurangi gejala asam lambung naik, seperti sensasi terbakar di dada atau heartburn. Untuk mendapatkan manfaatnya, rebus beras setengah matang, lalu ambil air tajin diatasnya. Untuk meningkatkan rasanya, campurkan sedikit garam ke air tajin. Konsumsi air tajin selagi hangat.

Manfaat Lain Air Tajin untuk Kesehatan

Selain bermanfaat untuk kesehatan lambung dan pencernaan, air tajin sangat banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu:

Mengatasi diare. Air tajin dikenal sebagai obat diare alami bagi orang dewasa dan bayi. Bayi berisiko tinggi terkena diare dan diare pada bayi berisiko dehidrasi parah yang membahayakan nyawanya. Penelitian menemukan bahwa air tajin bermanfaat untuk mengurangi diare dengan cara mengendalikan frekuensi BAB pada bayi.

Mencegah sembelit. Kandungan seratnya yang tinggi bermanfaat untuk mencegah sembelit dan melancarkan BAB. Sebab itu bagi yang mengalami kesulitan BAB, air tajin bisa menjadi alternatif untuk mengatasinya.

Itulah penjelasan manfaat air tajin untuk lambung dan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, jahe bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi gangguan pada lambung. 

Caranya, rebus jahe, campurkan dengan serai dan daun pandan, tambahkan madu, lalu minum secara rutin. Jika Anda sudah mengonsumsi air tajin sebagai pengobatan untuk asam lambung atau gangguan pencernaan lainnya, namun gejala asam lambung tidak berkurang atau bahkan semakin parah, segera ke dokter.

(Rill/Dodi)

0 Comments

Posting Komentar