Kesbangpol Gelar Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Perempuan di Lembaga Politik di Kantor Walikota dengan 100 Peserta Perwakilan PKK Se-Jakarta Barat


Jakarta, penaxpose.com  - Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat melalui Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Suban Kesbangpol) menggelar Peningkatan Kapasitas Perempuan di Lembaga Politik dalam rangka keadilan gender.

Acara di gelar di ruang Pola Ali Sadikin Walikota Jakarta Barat Rabu (29/5/2024).

Kasuban Kesbangpol Kota Administrasi Barat, Moh. Matsani yang diwakili oleh Plt. Kasubid Idewasbangpol Dewi Handayani, dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta dari perwakilan PKK se-Jakarta Barat yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pembelajaran mengenai peningkatan kapasitas perempuan di Lembaga Politik dalam rangka kesetaraan gender serta implementasinya dalam kehidupan berdemokrasi di Jakarta Barat.

“PKK merupakan salahsatu organisasi yang mempunyai kesempatan yang sama di Lembaga Politik, perempuan memiliki kesetaraan gender dengan laki-laki bahwa mereka tetap memiliki kemampuan dan pengetahuan yang sama untuk duduk di lembaga politik,” jelasnya.

Sementara itu menurut Asisten Pemerintahan (Aspem) Kota Admistrasi Jakarta Barat saat membuka acara tersebut mengatakan, betapa pentingnya peran perempuan membentuk karakter untùk dapat mengambil peran aktif dalam rangka menciptakan peluang yang positif khususnya bagi pembangunan.

Maka keterwakilan perempuan dalam organisasi politik banyak keterwakilan gender di Lembaga Kenegaraan yang duduk menjadi Menteri. Dan keberhasilan negara itu adanya dari keterwakilan perempuan karena perempuan sebagai tiang negara, ucapnya.

Acara di isi oleh Narasumber yang berkompeten, diantaranya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Asisten Deputi Pengarustamaan Gender Bidang Politik dan Hukum, Dr Iip Ilham.

Dengan beberapa materi yang disampaikan diantaranya, Pengertian Dasar dan Aspek-aspek Kebijakan Negara yang Mendukung Kesetaraan Gender di Bidang Politik. 

Sementara dari Ketua Pokja 1 TP PKK Kota Administrasi Jakarta Barat, Hj Tati Suparti, dengan tema 'Peran Fungsi PKK dalam Membangun dan Mengucapkan Pemahaman Demokrasi Bagi Para Kader PKK.'

Dr. Nieke Masruchiyah, SH., MM., Konsultan Hukum dan HAM, dengan tema 'Menyongsong Kesetaraan Gender dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara'.

Untuk diketahui peserta yang hadir terdiri dari TP PPK Fokus Jakarta Barat (FJB), Srikandi Nusantara Jakarta Barat, Srikandi Pemuda Pancasila/JB, ICMI Muda Jakarta Barat, Karang Taruna Jakarta Barat, dan IPNU Jakarta Barat. 

Rill/Merah/Lth

0 Comments

Posting Komentar