Obat Alami DBD Ternyata Bukan Hanya Jambu Biji, Apa Saja? Yuk Kita Simak!!!


Jakarta, penaxpose.com  | Kamis, 02 Mei 2024

Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia sedang meningkat, melansir dari laman p2p.kemkes.go.id (1 Maret 2024), di 213 Kabupaten/Kota Indonesia terdapat 16.000 kasus DBD dengan 124 kematian, terbanyak terjadi di Tangerang, Bandung Barat, Kota Kendari, Subang dan Lebak dan kemungkinan kasus DBD akan terus meningkat bersamaan dengan musim hujan setelah El Nino. Sebab itu tetaplah waspada dan jaga kesehatan. 

DBD merupakan penyakit yang serius, maka penderita memerlukan perawatan yang tepat untuk mencegah komplikasi yang lebih parah.

Selain berobat secara konvensional, ada juga beberapa obat alami/herbal yang dapat membantu mengatasi gejala DBD, misalnya buah jambu biji yang sudah umum dikenal, dan masih ada beberapa lagi obat alami lainnya.

Alternatif Obat DBD Alami Selain Jambu Biji yang Aman dan Efektif 

1. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi infeksi virus DBD.

Konsumsi bawang putih mentah atau tambahkan dalam makanan dapat membantu memperkuat sistem imun dan mengurangi gejala DBD.

2. Daun sirsak

Daun sirsak memiliki kandungan senyawa aktif acetogenins yang memiliki efek antiviral dan antiinflamasi.

Merebus daun sirsak dan diminum sebagai teh atau ekstrak dapat membantu mengurangi demam dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Air kelapa

Air kelapa mengandung elektrolit alami dan nutrisi penting yang dapat membantu menghidrasi tubuh, mengatasi dehidrasi pada penderita DBD dan dapat membantu mempercepat pemulihan.

4. Teh kuning

Teh kuning mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu membersihkan toksin dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dapat membantu meredakan demam dan gejala DBD.

5. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antivirus.

Menambahkan kunyit dalam makanan atau minuman, seperti susu kunyit dapat membantu meredakan demam dan membantu proses pemulihan.

6. Lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat penenang dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi gejala DBD, seperti nyeri sendi dan otot.

Oleskan gel lidah buaya secara langsung pada area yang terasa nyeri atau tambahkan dalam minuman.

7. Teh jahe

Jahe mengandung senyawa aktif, seperti gingerol yang memiliki efek pemanasan dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi demam, mual, dan nyeri tubuh.

8. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi.

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai minyak pijat atau mengonsumsinya secara langsung dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses pemulihan.

9. Beras Angkak

Angkak adalah jenis beras merah Tiongkok yang difermentasi dengan ragi Monascus Purpureus, yang kandungannya dapat meningkatkan trombositsehungga membantu proses penyembuhan.

10. Echinacea

Echinacea adalah tanaman herbal yang biasa digunakan untuk mengobati demam dan flu. Echinacea dapat memicu produksi protein dan interferon tambahan yang berfungsi sebagai reaksi imun untuk melawan serangan bakteri dan virus, juga meningkatkan daya tahan tubuh.

11. Daun Pepaya

Daun pepaya membantu meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Minum rebusan gerusan daun pepaya bisa sebagai obat DBD. 

12. Makanan Sayuran dan Buah Mengandung Vitamin C

Sayuran tinggi vitamin C, seperti Kubis, Brokoli, Kembang Kol, dan Labu Kuning. Sedangkan buah seperti, Jambu Biji, Jeruk, Kiwi dan Mangga.

Vitamin C berperan untuk memperbaiki dan menumbuhkan kembali jaringan tubuh yang rusak, juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk menyerang kuman penyebab penyakit dengan meningkatkan antibodi dan produksi sel darah putih.

13. Suplemen Seng

Mineral Seng dapat meningkatkan jumlah interferon dan dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membantu melindungi tubuh dan melawan virus dengue. Adapun makan mengandung Seng, seperti daging merah, kacang-kacangan dan Sereal.

14. Air Putih

Konsumsi air putih yang cukup membantu tubuh agar tidak dehidrasi dan menjaga kestabilan suhu tubuh.

Meskipun obat-obatan alami ini dapat membantu mengatasi gejala DBD, tetaplah berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum mengonsumsinya, terutama jika sedang menjalani pengobatan medis lainnya.

Kombinasi antara pengobatan medis dan penggunaan obat alami dapat memberikan manfaat yang lebih baik bagi kesehatan.

Demikian  beberapa alternatif obat DBD alami selain jambu biji.

Semoga bermanfaat! 

Penulis: Ramdani

0 Comments

Posting Komentar