Peduli Lingkungan Sehat, Warga RT 002/03 Kedoya Selatan Gelar Kerja Bakti


Jakarta, penaxpose.com | Salahsatu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu, salahsatunya adalah kerja bakti bertujuan untuk membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong.

Diwilayah RT 002 RW 03 Kelurahan Kedoya Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk, khususnya kerja bakti masih sering dilaksanakan dalam pelaksanaanya rutin tiap minggu atau tiap bulan, seperti membersihkan jalan ataupun lingkungan sekitar, membersihkan saluran irigasi dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Kerja bakti membersihkan lingkungan dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan rumput, pohon yang sudah rimbun. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan. Pada Minggu pagi (19/05/2024) pukul 06:00 WIB, Warga RW 03 Kelurahan Kedoya Selatan Kecamatan Kebon Jeruk melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan jalan. 

Melalui surat edaran yang dibuat oleh Sekertaris RW, dibagikan pada Sabtu malam keseluruh masyarakat atau warga, untuk melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungkan sekitar, warga pun antusias berpartisipasi untuk hadir untuk kegiatan kerja bakti di lingkungan RW 03 Kelurahan Kedoya Selatan. 

Sekertaris RW 03, Bapak Makmun BJ mengatakan, “Tujuan dari diadakannya kegiatan bersih-bersih ini adalah membersihkan lingkungan RT 002 RW 03 agar selalu asri dan nyaman bagi kita semua. Karena di musim pancaroba seperti ini, banyak penyakit yang timbul, sehingga dengan mengadakan kegiatan seperti ini, sedikit tidaknya kita bersama-sama mengurangi sumber penyakit dari lingkungan yang kotor. Selain untuk menjaga kebersihan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat,” tuturnya. 

Kegiatan kerja bakti ini pun dihadiri oleh Ketua RT 002 yang berpartisipasi melakukan kerja bakti bersama masyarakat sekitar lingkungan RT 002 RW 03 Kelurahan Kedoya Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk. Menurut Ketua RT 002, Bapak M. Lani. "Salahsatu contoh cara menjaga lingkungan adalah membuang sampah pada tempatnya, tidak menebang pohon secara liar dan lain-lain. Jika lingkungan hidup kita rentan dengan yang namanya kotor, tentu saja kita tidak bisa hidup dengan nyaman dan akan menimbulkan banyak penyakit. Dengan itu kita harus beramai-ramai menjaga kelestarian lingkungan, salahsatunya dengan bergotong royong membersihkan lingkungan atau yang disebut kerja bakti," ungkapnya.

Pantauan awak media di lokasi, kegiatan kerja bakti di lingkungan RT 002 RW 03 berjalan dengan lancar, warga masyarakat sangat antusias gotong royong membersihkan lingkungan, karna warga menyadari bahwa kerja bakti merupakan salahsatu perwujudan dari gaya hidup hijau atau gaya hidup ramah lingkungan. Karena lingkungan yang bersih dan sehat sangat mempengaruhi kesehatan orang-orang disekitarnya. 

"Apalagi saat ini banyak virus penyakit yang bisa tersebar dengan mudah jika kita berada dilingkungan yang kotor dan tidak sehat. Walaupun kita menyadari bahwa lingkungan sehat sangat penting bagi kehidupan diri kita sendiri dan orang lain, tapi nyatanya masih banyak yang menyepelekan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Maka dari itu mari wujudkan lingkungan yang bersih dan sehat untuk kesejahteraan hidup kita bersama," tutupnya.

Robbi DKI Jakarta

0 Comments

Posting Komentar