Kesbangpol Jakarta Barat Gelar Rakor Bersama FPK Jakarta Barat


Jakarta Barat, penaxpose.comKeberagaman suku, etnis, budaya, dan adat istiadat di Indonesia memiliki potensi konflik yang tinggi apabila tidak didukung dengan adanya kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Di Provinsi DKI Jakarta, miniatur Indonesia yang juga terdiri dari keberagaman latar belakang. Oleh karena itu diperlukan berbagai upaya untuk mengikat masyarakat dari berbagai latar belakang ini agar bersatu padu untuk menghindari adanya konflik horisontal. 

Dalam hal ini Kesbangpol Administrasi Kota Jakarta Barat menggelar Rapat Kordinasi Sekretariat FKP Kantor Kesbangpol Kota Admistrasi Jakarta Barat Blok B lantai 13. Rabu (12/6/2024).

Ketua FPK Kota Admistrasi Jakarta Barat, Muhamad Ihsan menyampaikan bahwa tujuan dibentuknya FPK adalah untuk membina kehidupan rukun, damai dan sejahtera walau dengan beragam latar belakang yang ada.

FPK memiliki beberapa tugas dan fungsi untuk menyelenggarakan forum dialog dengan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat, suku dan masyarakat.

Selain itu juga menyelenggarakan sosialisasi kebijakan yang berkaitan dengan pembauran kebangsaan, merumuskan rekomendasi kepada pimpinan wilayah sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan pembauran kebangsaan. “Kegiatan ini menjadi salahsatu upaya mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa melalui proses pembauran kebangsaan di aspek kehidupan bermasyarakat,” sambungnya.

RS Tora Staf Idewasbangpol hadir di acara rapat kerja FPK mewakili Kapala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menyampaikan bahwa, pembauran kebangsaan sangat penting untuk menjalin mempertahankan kesatuan bangsa. Pada kesempatan ini, menekankan pentingnya rasa kesatuan sebagai bangsa Indonesia, tuturnya . 

Selanjutnya Wakil Ketua FPK Jakarta Barat, Daeng Djamal mengungkapkan, kehadiran FPK di masyarakat menjadi garda terdepan wadah bagi warga dari seluruh Indonesia yang ada di Kota Admistrasi Jakarta Barat.

“Ini menjadi alat yang sangat efektif untuk mengkomunikasikan kepada semua pihak terkait budaya, kebiasaan, karakter warga Jakarta Barat sehingga bisa sambung dengan seluruh warga yang datang dari seluruh Indonesia dalam menjaga Jakarta Barat ini harus bersama-sama karena untuk kepentingan kita semua, terlebih saat ini untuk menjaga keamanan kenyamanan. Sebentar lagi kita akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) maka peran FPK harus mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2024,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, "Dibutuhkan kerjasama antar seluruh elemen untuk menjaga kondusifitas Kota Jakarta Barat. Kita tidak bisa bekerja sendiri tapi harus bersinergi dengan seluruh potensi masyarakat sesuai peran dan tugasnya,” ujarnya.

 ( Humas Kesbangpol Jakarta barat )

0 Comments

Posting Komentar