Masjid Al-Muhadjirin Grogol Gelar Sholat Idul Adha 1445 Hijriyah dan Sembelih Hewan Qurban


Jakarta Barat, penaxpose.com | Pengurus Masjid Al-Muhadjirin Grogol menggelar sholat Idul Adha 1445 H di Lapangan Jl. Dr. Semeru Raya, Kelurahan Grogol, Jakarta Barat, Senin (17 Juni 2024). 

Ba’da Subuh, para jamaah sholat Idul Adha disekitar Kelurahan Grogol sudah mulai berdatangan sejak pukul 05.30 WIB. Hampir lebih kurang 700 jamaah mengikuti Sholat Hari Raya Qurban yang dimulai tepat pukul 07.00 WIB dengan Imam dan Khatib, Ustadz Burhannudin Rhobani, S.Pd.

Dalam khutbahnya Ustadz mengajak kepada para jamaah untuk meneladani kisah keluarga Nabi Ibrahim AS.

Bulan Dzulhijjah bagi kita tak ubahnya bagaikan madrasah, bulan Dzulhijjah merupakan pendidikan yang syarat akan ibroh dan hikmah. Dan tidak ada pelajaran yang lebih sempurna untuk kita teladani di bulan Dzulhijjah ini melainkan kisah keluarga Khalilullah, Nabi Ibrahim AS, beserta dengan istrinya, Hajar dan anaknya, Nabi Ismail AS.

Ketua Panitia Idul Adha 1445 Hijriyah, Mufid mengatakan, "Ada banyak hikmah yang bisa diambil dari bequrban pada perayaan Idul Adha, tidak hanya mengajarkan kita tentang rasa syukur dan ikhlas, melainkan juga mengajarkan kita tentang nilai kepedulian sosial, karena melalui qurban yang kita salurkan sekaligus membantu sesama terutama bagi mereka yang tidak mampu," tutur Mufid.

Sementara itu Bambang Nusantara Kabid Sosial dan Kemasyarakatan Masjid Al-Muhadjirin Grogol mengatakan, untuk tahun ini hewan qurban yang tersedia dua ekor sapi dan sepuluh ekor kambing.

“Alhamdulillah sudah tersedia hewan qurban dari masyarakat untuk dijadikan Qurban dalam Idul Adha 1445 Hijriah, proses penyembelihan tersebut akan dilangsungkan setelah sholat Idul Adha 1445 H sekitar pukul 09.00 WIB,” terangnya.

Masih Bambang, Insya Allah kesehatan hewan Qurban sudah kita jamin, kita sudah antisipasi jauh-jauh hari berkenaan dengan virus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang juga telah dikunjungi oleh Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Jakarta Barat.

Lebih lanjut, Banus panggilan akrabnya mengatakan, Hari Raya Idul Adha perlu dimaknai sebagai momentum penting untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama.

"Melalui Qurban, umat Muslim diajarkan untuk saling berbagi dan membantu sesama yang membutuhkan," ujarnya.

Daging Qurban akan dibagikan oleh Penyelenggara pada masyarakat disekitar wilayah Grogol, sebanyak 500 kupon yang telah terdata terlebih dulu," pungkas Banus.

Lain halnya Ketua RISMA (Remaja Islam Masjid Al-Muhadjirin), Sufahmi mengatakan, bahwa Idul Adha atau hari Raya Qurban mengajarkan tentang kepedulian, hari raya Idul Adha memperkuat ikatan sosial dan kebersamaan antar sesama. 

Dalam sambutannya Pengurus dan Panitia Idul Adha 1445 H Masjid Al-Muhadjirin Grogol mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala kepercayaan Bapak/ibu para pequrban, yang telah menitipkan hewan qurbannya kepada kami. Mudah-mudahan kami dapat melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya.

"Dan kepada semua pihak yang telah membantu baik dari Pemerintahan Kelurahan Grogol, Bhabinkamtibmas Kelurahan Grogol, Babinsa Koramil 03 GP Kelurahan Grogol, kepada para Pequrban dan seluruh Panitia Idul Adha 1445 Hijriyah serta semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu yang dengan penuh keikhlasan telah membantu terselenggaranya Shalat Idul Adha dan ibadah Qurban di Masjid Al-Muhadjirin pada tahun ini. Semoga Allah SWT mencatat dan menerima setiap amal baik kita, sebagai amal shaleh yang diridhoi-Nya," tutupnya.

Sejak awal pelaksanaan Idul Adha hingga akhir sholat, para jamaah nampak khusyuk dan khidmat.

Suasana ibadah terasa sejuk, mengingat cuaca pada pagi itu cerah berawan.

(Sufahmi)

0 Comments

Posting Komentar