Babinsa Bersama Masyarakat Tangkap Begal Motor yang Resahkan di Desa Sinar Galih Jonggol, Bogor


Bogor, penaxpose.com  | Berawal dari seringnya informasi yang didapat oleh Babinsa Sinargalih Koramil 0621-07/Jonggol, bahwa di Jalan Transyogi Jonggol-Cariu sering terjadi pembegalan, sehingga Babinsa Serda Yaya Cahyana mengajak beberapa masyarakat Sinargalih untuk melaksanakan Patroli malam diwilayah tersebut.

Untuk menyikapi hal tersebut, Serda Yaya Cahyana mengajak beberapa warga untuk melaksanakan patroli pada pukul 23.00 WIB, usai patroli Serda Yaya singgah di warung kopi sambil mengawasi kendaraan yang lewat di jalan tersebut. 

Tepat pukul 03.15 WIB, lewat 2 unit kendaraan roda dua, namun kondisinya yang satu kendaraan didorong (step) oleh motor kawannya. Hal itu menimbulkan kecurigaan Babinsa, sehingga terjadi pengejaran. Kemudian babinsa dan warga melakukan pengejaran ke arah Jalan Cariu dengan mengendarai motor dan membawa pipa besi. 

Sesampai di perempatan Jalan Cariu, Serda Yaya Cahyana meneriaki sebanyak 2 kali, agar 2 kendaraan tersebut minggir, namun karena melihat yang meneriaki anggota TNI, salah satu motor kabur mengarah ke Jalan Cianjur, satu pengendara motor dan motornya berhasil ditangkap.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan yang dibantu warga, dari pemeriksaan tersebut didapati si pengendara motor membawa clurit sepanjang 1,5 meter. Kemudian pelaku dan barang bukti motor beat dinawa ke rumah Kepala Desa untuk diamankan. Selanjutnya, Babinsa koordinasi dengan Polsek Jonggol dan pelaku beserta barang bukti diamankan di Polsek Jonggol.


Usai mengamankan pelaku dan barang bukti, Babinsa Serda Yaya melaporkan hal tersebut kepada Danramil 0621-07/Jonggol, Mayor Arm. Edy Suryana tentang kejadian tersebut dan selanjutnya melaporkan kepada Dandim 0621/Kab. Bogor. 

Dandim 0621/Kab. Bogor, Letkol Inf. Anton Prasetyo, S.E., M.I.H., membenarkan kejadian tersebut. 

"Benar Bahwa salah satu anggota Babinsa, yaitu Serda Yaya Cahyana telah menangkap Begal yang beroperasi diwilayah jonggol", katanya kepada awak media. Minggu (21/7/2024).

Anton sangat mengapresiasi kinerja anggotanya, sebagai Babinsa yang sudah menangkap salah satu Begal dan mendapatkan barang bukti 1 unit motor milik masyarakat.

"Saya sangat apresiasi kepada anggota Babinsa yang telah menangkap pelaku begal yang meresahkan masyarakat", ujar Dandim 

"Dengan keberadaan babinsa bisa membantu masyarakat dan menciptakan keamanan di sekitar lingkungan nya. Harus di apresiasi kinerja babinsa yang seperti itu," ungkapnya.

(Indra)

0 Comments

Posting Komentar