Mendorong Pelaku Usaha UMKM dalam Percepatan Digitalisasi UMKM untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)


Jakarta, penaxpose.com  |  Transformasi dan penguatan ekosistem digital akan menjadi hal penting untuk diterapkan di tanah air. Akselerasi digitalisasi dari kota hingga desa merupakan kunci upaya percepatan pemulihan dan peningkatan daya saing ekonomi nasional, termasuk dalam meningkatkan produktivitas dan kinerja UMKM.

Peran UMKM sangat besar dalam pemulihan ekonomi nasional. Saat ini, terdapat 64,2 juta UMKM yang berkontribusi sebesar 61% terhadap PDB Indonesia. Dari sisi tenaga kerja, UMKM juga mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja di negara ini atau sekitar 119,6 juta orang. Meski demikian, baru sekitar 17,5 juta pelaku UMKM yang masuk ke ekosistem digital dan memanfaatkan e-commerce.

Sektor UMKM merupakan sektor yang dapat membantu pemerintah dalam pemasukan keuangan negara melalui pajak PPN dan lainnya.

Raden tedy, ketua asosiasi umkm naik kelas,menjelaskan saat ini dengan banyak nya kegiatan pemerintah baik pusat maupun daerah yang menggerakkan para pelaku UMKM sangat membantu UMKM namun dengan adanya penambahan pajak PPN 10 % menjadi 12 % membutuhkan kebijakan khusus terhadap para pelaku UMKM agar kenaikan pajak PPN tidak bergulir kepada pelaku UMKM.

Saat ini sekitar 7 JT pelaku UMKM di dalam komunitas UMKM naik kelas yang di ketuai oleh Sdr. Raden Tedy yang tergabung dalam naungannya masih mendukung kebijakan pemerintah dan ingin bersinergi serta berkolaborasi dengan pemerintah agar potensi devisa negara di sektor pajak dapat meningkat serta mempercepat program digitalisasi UMKM.

(red/ucu)

0 Comments

Posting Komentar