Sambut 1 Muharram Tahun Baru Hijriah 1446H Kades Lumpang Gelar Santunan 1.000 Anak Yatim


BOGOR Parungpanjang, penaxpose.com | Dalam rangka menyambut 1 Muharam 1446 H, Desa Lumpang mengadakan acara santunan 1000 anak yatim. Selain itu juga diisi dengan beberapa perlombaan tingkat desa, diantaranya Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), Lomba Qosidah, Marawis, Hadroh, Tabeh Bedug, serta Pawai Obor dan puncaknya adalah Tablig Akbar. 

Acara tersebut dilaksanakan di Saung Sankelux Lapangan Lumpang Kampung Perdayu, Desa Lumpang pada Sabtu malam (6/7/2024).

Santunan yatim dipimpin oleh H. M. Rodis Faisal Kepala Desa Lumpang, sambil mengusap kepala anak yatim.

H. M. Rodis Faisal dalam sambutannya menyampaikan, Setiap tanggal 1 Muharram Nabi Muhammad S.A.W., menganjurkan kepada umatnya untuk memperbanyak bersedekah dan menyantuni anak yatim piatu. Dalam haditsnya beliau bersabda “Sedang terhadap yatim piatu, perhatian Nabi S.A.W., sangat besar sekali, perhatian, melindungi dan menjamin keperluan hidup mereka, dan selalu dipesankan dan dianjurkan kepada umatnya dalam tiap keadaan. “Aku dan pemeliharaan anak yatim, akan berada di syurga kelak”, sambil mengisyaratkan dan mensejajarkan kedua jari tengah dan telunjuknya," demikianlah sabda Baginda S.A.W. (H.R. Bukhari).

“Bulan Muharram ini adalah merupakan bulan dimana umat Islam dianjurkan Rasulullah S.A.W., untuk menyantuni anak yatim, saya merasa sangat senang bisa mengikuti apa yang telah dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad S.A.W.,” ujar H. M. Rodis Paisal.

Ia juga menambahkan, Semoga di bulan Muharram ini umat Islam dapat memanfaatkannya, salahsatunya dengan memperbanyak introspeksi diri.

Acara dihadiri oleh Pemerintahan Desa se-Kecamatan Parungpanjang, juga dihadiri Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Perangkat Desa dan tamu undangan Masyarakat Desa Lumpang dan tamu undangan lainya.

Indra/Red

0 Comments

Posting Komentar