FKDM Kota bersama Kesbangpol Jakarta Barat Lakukan Roadshow dan Sosialisasi di Kecamatan Cengkareng


Jakarta Barat, penaxpose.com  | Kegiatan Roadshow dan Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Adm Jakarta Barat bersama Kesbangpol Jakarta Barat di Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat di Ruang Aula Kecamatan. Jumat ( 9/8/2024 ).

Kegiatan ini juga bertujuan dalam upaya untuk meningkatkan kepekaan, kesiapsiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi ancaman gangguan ketentraman ketertiban dan keamanan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan diwilayah, khususnya Kota Adm Jakarta Barat.

Acara Roadshow dan Sosialisasi FKDM ini dibuka oleh Wakil Camat Cengkareng, Solahudin dan beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada  Kesbangpol dan FKDM Kota Jakarta Barat, dimana Kecamatan Cengkareng  merupakan salah satu wilayah diselenggarakannya Roadshow dan Sosialisasi FKDM ini.

Kasubid  Kewaspadaan, Tiur dalam sambutannya  menyampaikan tentang  permasalahan-permasalahan/konflik masyarakat yang ada diwilayahnya dan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh seluruh anggota FKDM  dalam menyelesaikan konflik yang timbul di masyarakat sudah dapat diatasi secara kondusif, ucapnya.

Ketua FKDM Kota Ahmad Ethon dalam sambutanya menekan pada semua Pengurus dan anggota FKDM Kecamatan dan Kelurahan harus solid, sinergi dan kebersamaan menjunjung tinggi marwah FKDM,  apa lagi sekarang menghadapi tahun politik Pilkada serentak 2024. FKDM harus berkoordinasi kepada penyelenggara Pilkada PPK dan PPS, dalam mengakurasikan jumlah pemilih dan keberadaan jumlah TPS di masing-masing wilayah, khususnya di Jakarta Barat, harus netralitas tidak terlibat dalam politik, ucapnya.

Ia juga berharap pada semua anggota FKDM dapat menangani berbagai permasalahan/konflik sosial. Dijelaskan pula bahwa FKDM merupakan intelnya Pemerintah yang bertugas mengawasi kemananan diwilayahnya dari akibat permasalahan/konflik  yang timbul di masyarakat. Permasalahan yang ada disetiap wilayah memang berbeda, namun sikap pro aktif dan tindakan tegas dari FKDM dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan/konflik yang ada diwilayah.  Pengembangan kecurigaan yang terukur berdasar data dan fakta yang nyata adalah bentuk sikap dan tindakan dalam mengantisipasi timbulnya konflik sosial. Disamping pencegahan masalah yang timbul seperti intoleransi, gangguan masyarakat, teroris dan lain sebagainya. Dari sini diperlukan deteksi dini dari berbagai permasalahan untuk mencegah terjadinya konflik yang lebih besar.

Ia juga menekankan agar FKDM selalu  berkoordinasi dengan pihak yang berwenang, sehingga kondusifitas diwilayah dapat terwujud dan selalu terjaga, ucapnya.

Acara di hadiri oleh Tiga Pilar dan FKDM se-Kecamatan Cengkareng.

Editor : Lth 

0 Comments

Posting Komentar