Jalan Utama Nagori Cingkes Kecamatan Dolok Silau Simalungun Longsor, Ketua AWAS Angkat Bicara


Simalungun, penaxpose.com  | Cingkes adalah satu Nagori atau Desa yang berada diwilayah Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara. 

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 disebutkan bahwa jalan adalah alat prasarana transportasi yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada diatas permukaan tanah.

Namun naas, pada tanggal 9 Juni 2024 sekitar pukul 14.30 WIB curah hujan disertai angin kencang mengakibatkan sarana jalan yang berada di Nagori Cingkes longsor. Tentunya sangat berpengaruh pada perekonomian warga dan mengancam keselamatan pengguna jalan, dimana jalan ini juga sangat dekat dengan permukiman warga.


Dan pada hari Rabu, tanggal 7 Agustus 2024 terjadi lagi longsor susulan, hingga pemilik rumah (J. Tarigan) yang rumahnya tinggal 5 meter lagi dari longsor, yang kedalamannya sekitar 20 meter tersebut was-was bahkan resah akibat longsor ini.

Merasa prihatin atas longsor yang terjadi Ketua Aliansi Wartawan Asal Simalungun (AWAS), Anton Garingging telah mencoba menghubungi pihak terkait, yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simalungun,  karena BPBD adalah Lembaga Pemerintah non-departemen yang melaksanakan tugas penanggulangan bencana didaerah, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota, dengan berpedoman pada kebijakan yang ditetapkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana, namun belum bisa terhubung.

Sehingga saya telah membuat pesan melalui pesan suara, tapi belum ada respon.

"Untuk itu saya meminta kepada Dinas terkait agar segera mencarikan solusi dalam penanggulangan bencana longsor ini sebelum adanya keresahan warga terlalu jauh serta aksi protes ke Pemerintah " ujar Anton.

 (S. Hadi Purba)

0 Comments

Posting Komentar