RAKERWIL MPKS DKI Jakarta Berlangsung di Hotel Balairung: Evaluasi dan Rekomendasi untuk Panti Asuhan


Jakarta, penaxpose.com  |  Rapat Kerja Wilayah (RAKERWIL) Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta resmi dibuka hari ini di Hotel Balairung, DKI Jakarta. Acara yang berlangsung dari hari Jum’at, 23 Agustus hingga Minggu, 25 Agustus 2024 ini dihadiri oleh total 68 peserta secara offline dan 35 peserta secara online melalui platform Zoom.

RAKERWIL ini melibatkan perwakilan dari berbagai organisasi Muhammadiyah di DKI Jakarta, termasuk Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM), Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA), Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM), serta pengelola Panti Asuhan Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Sebelum RAKERWIL berlangsung, Tim Asesmen MPKS PWM DKI Jakarta melakukan assesment terhadap 14 Panti Asuhan Muhammadiyah dan Aisyiyah di wilayah DKI Jakarta. Tim yang terdiri dari Ibu Chandra Dewi, Ibu Melina Lestari, Bapak Rhomadoni, Bapak Milleno Yanuar A.R, dan Bapak Tondi Alfaraby Harahap melakukan assesmen kepada 14 Muhammadiyah Children Center (MCC) / Lembaga Kesejahteraan sosial Anak (LKSA) berdasarkan enam standar dalam instrumen akreditasi lembaga kesejahteraan sosial anak, yaitu:

- Standar Program Pelayanan Pengasuhan

- Standar Proses Pelayanan Pengasuhan

- Standar Manajemen dan Organisasi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak

- Standar Sarana dan Prasarana

- Standar Sumber Daya Manusia

- Standar Hasil Pelayanan

Hasil asesmen ini menghasilkan tiga rekomendasi utama untuk pengembangan dan peningkatan kualitas layanan LKSA, yaitu:

- Pusat Santunan Keluarga

- Pusat Asuhan Keluarga

- Muhammadiyah Children Center (MCC) atau Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA)

RAKERWIL ini membahas hasil asesmen dan merekomendasikan serta merumuskan langkah-langkah strategis untuk implementasi dan perbaikan kualitas layanan di LKSA. Acara ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara berbagai pihak dan meningkatkan efektivitas pelayanan sosial bagi anak-anak yang membutuhkan.

(Leno/rill/dn)

0 Comments

Posting Komentar