Ketua TP PKK Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga Apresiasi Seni Tradisional Jawa Reog Ponorogo oleh KRJPS DPD Kabupaten Simalungun


SIMALUNGUN, penaxpose.com  – Baju Reog Ponorogo ini diserahkan oleh Ny. Ratnawati sebagai bentuk penghargaan bagi Kesenian Reog Jajaran Pemuda Simalungun (KRJPS) yang masih melestarikan Reog Ponorogo yg merupakan kesenian tradisional orang Jawa. 

Bantuan diberikan di kediaman Bupati Simalungun, Jln. Surung Dayung Pematang Simalungun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sabtu (14/09/2024).

Bantuan langsung diterima oleh Budi Ketua DPD KRJPS Simalungun dan dalam kesempatan itu Budi menyampaikan terimakasih kepada Bupati yang hal ini langsung diberikan oleh Ny. Ratnawati Ketua TP PKK Simalungun atas bantuannya.

“Kami senang atas perhatian Bupati kepada kami masyarakat Jawa yg ada dan lahir di Simalungun, khususnya perhatian itu diberikan dalam memberikan ruang kepada kami untuk terus melestarikan budaya leluhur kami, yakni Reog Ponorogo,” sebutnya.

“Kami juga senang melihat hasil kinerja Bupati hari ini, dimana di 3 tahun masa kepemimpinan Bupati RHS, banyak sudah perubahan yang dilakukan, mulai dari perbaikan Infrastruktur jalan , pelayanan publik dan yang paling memudahkan kami hari ini ada 20 kecamatan yang bisa langsung mencetak e-KTP secara mandiri di kecamatan, jadi bagi anggota kami yang tinggal di beberapa ujung Simalungun, tak perlu lagi datang ke Pematang Raya hanya untuk mencetak e-KTP,” jelasnya.


Dalam kesempatan itu Ny. Ratnawati menyampaikan apresiasi kepada anak-anak muda suku Jawa yang masih mau melestarikan budayanya dimanapun ia tinggal.

Simalungun ini merupakan miniatur Indonesia, banyak suku lain yang tinggal dan lahir di Simalungun, melestarikan budayanya juga bagian bentuk merajut kebersamaan dan toleransi yang ada di Simalungun dengan melestarikan kebudayaannya, tentu memberikan warna yang indah di Simalungun, bahwa kita hidup saling menghargai dan mencintai sesama.

“Kami berharap kita semua dapat terus melestarikan adat dan budaya kita masih masih tanpa melupakan jati diri kita sebagai masyarakat Simalungun, yang terus berupaya agar Simalungun ini maju dengan Marharoan Bolon atau gotong royong,” imbuhnya.

Selanjutnya, secara simbolis Ny. Ratnawati memberikan baju kaos Reog Ponorogo dan kunci Seketariat yang ada di Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun,  yang langsung diterima oleh Sekretaris DPD KRJPS Samsudin.

 (S.Hadi Purba)

0 Comments

Posting Komentar