Paslon Wakil Bupati Simalungun Anton Saragih-Benny Sinaga Ziarah ke Makam Raja Tanah Jawa


SIMALUNGUN, SUMUT – penaxpose.com  | Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Simalungun periode 2024-2029, DR. H. Anton Achmad Saragih dan Benny Gusman Sinaga ST, melaksanakan ziarah ke Makam Raja Tanah Jawa di Kelurahan Pematang Tanah Jawa, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, pada Kamis (12/9/2024).

Sebelum melaksanakan ziarah, Anton Saragih dan Benny Sinaga menjalani serangkaian prosesi tradisi dan adat dari pihak Raja Tanah Jawa. Mereka terlebih dahulu berziarah ke makam Panglima Kerajaan Tanah Jawa, sebelum melanjutkan ziarah ke makam Raja Tanah Jawa. Sebagai bagian dari adat yang berlaku, Anton Saragih dan Benny Sinaga meletakkan beberapa helai demban (daun sirih) di pusara makam Raja Tanah Jawa, Panglima Kerajaan Tanah Jawa, serta pusara keluarga kerajaan lainnya di sekitar makam tersebut.

Dalam kegiatan ini, keturunan Raja Tanah Jawa memberikan dukungan langsung kepada Anton Saragih dan Benny Sinaga melalui doa dan ucapan, berharap pasangan ini memperoleh kemenangan dalam Pemilihan Bupati Simalungun yang akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang.

Anton Saragih mengatakan bahwa ziarah ini merupakan bentuk penghormatan kepada Raja Tanah Jawa dan keluarganya, sekaligus upaya melestarikan budaya yang telah diwariskan secara turun-temurun.

"Budaya harus dilestarikan. Kita harus menghormati leluhur kita. Jangan sampai lupa terhadap budaya, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai budayanya," ujar Anton Saragih yang didampingi oleh tim pemenangan.

"Ziarah ini juga mengingatkan kita agar tidak lupa asal-usul kita. Pelestarian budaya tidak hanya dalam pelaksanaannya saja, tetapi juga dalam menjaga keberlanjutannya secara turun-temurun," tambahnya.

Ziarah ini mendapat sambutan hangat dari keturunan Raja Tanah Jawa. Turut hadir dalam kegiatan ini anggota DPRD Kabupaten Simalungun Bona Uli Rajagukguk, Juarsa Siagian, Benfri Sinaga, serta warga Dapil 5. Pemuda Pancasila Tanah Jawa dan Grib Jaya Tanah Jawa juga hadir dalam acara tersebut. Ketua Tim Relawan Marsada, Eripson Ginting, bersama Korcam dan Kordes Marsada turut mendampingi kegiatan ini.

Dalam kesempatan tersebut, Anton Saragih dan Benny Sinaga mengimbau para relawan untuk terus berjuang dan berusaha demi satu tujuan, yaitu kemenangan di Tanoh Habonoran Do Bona.

(S. Hadi Purba Tambak)



0 Comments

Posting Komentar