Pelaku UMKM Terima Bantuan Saat Talk Show HUT Koperasi 2024


Simalungun, penaxpose.comRibuan warga Kabupaten Simalungun dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memadati lapangan bola Panei Togah pada Sabtu, 31 Agustus 2024, untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi ke-77. Acara ini tidak hanya menjadi ajang perayaan, tetapi juga merupakan wadah untuk mendukung perkembangan UMKM di daerah tersebut.

Uci Damanik, seorang pengusaha kuliner dari Nagori Bukit Rejo, Kecamatan Sidamanik, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat membantu usaha kecil seperti miliknya. “Acara ini sangat positif, terutama selama periode kepemimpinan RHS yang telah memfasilitasi berbagai kebutuhan usaha, seperti oven untuk memasak, freezer, dan peralatan lainnya. Ini sangat membantu,” ujarnya dengan antusias.

Tria Trisni, pelaku usaha dari Nagori Panduman, Kecamatan Raya Kahean, juga memberikan apresiasi terhadap acara tersebut. Ia merasa bakat dan usahanya semakin terasah berkat dukungan yang diberikan. “Saya mendapatkan mixer 5 kg untuk adonan tepung roti. Terima kasih, Pak Bupati,” katanya dengan penuh rasa syukur.

Jarminsen Saragih, Koordinator UMKM dari Nagori Panduman, menekankan bahwa selama kepemimpinan Bupati RHS, inilah pertama kalinya bantuan untuk UMKM di Simalungun direalisasikan secara nyata. “Saya berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut agar UMKM di Kabupaten Simalungun semakin sejahtera,” ungkapnya penuh harap.

Marulli Tambunan, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Simalungun, menambahkan bahwa lebih dari seribu pelaku UMKM di kabupaten ini telah menerima bantuan. “Bantuan ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan dan keberlanjutan usaha kecil di Simalungun,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terlaksananya kegiatan Talk Show, sembari mengucapkan selamat HUT Koperasi ke-77 Tahun 2024. “Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Simalungun untuk kemajuan koperasi menuju koperasi modern dan UMKM sehingga mampu naik kelas,” ujarnya.

Bupati juga menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan Pemkab Simalungun kepada para pelaku UMKM merupakan wujud dari visi misi ‘Rakyat Harus Sejahtera’ dan program kartu siKerja. “Ini masih sebagian kecil yang kita lihat. Sudah banyak bantuan yang diberikan kepada masyarakat kita. Demikian juga bantuan pertanian, juga sudah banyak kita sampaikan,” katanya.

Ia mengajak masyarakat Kabupaten Simalungun agar tidak salah menilai tentang kartu siKerja. “Itu semua kita berikan untuk semua golongan. Kartu siKerja itu memastikan bahwa fasilitas dan bantuan dari pemerintah benar-benar sampai kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan untuk peningkatan perekonomian,” jelas Bupati.

Bupati berharap program tersebut akan tetap berjalan di masa depan. “Kami juga akan melihat karakteristik dari masing-masing kecamatan, sehingga bantuan yang diberikan kepada masyarakat tepat sasaran,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga berharap melalui kegiatan ini para pelaku UMKM dapat menambah wawasan sehingga pengelolaan usaha dapat dilakukan secara lebih sistematis dan profesional. Selain itu, diharapkan kegiatan ini mampu memperkuat efek berganda (multiplier effect) terhadap perekonomian di Kabupaten Simalungun.

(S. Hadi Purba)

0 Comments

Posting Komentar